Senin, 08 Mei 2023, 07:57:59 WIB, 204 View Administrator, Kategori : Berita Diskominfo

Kadiskominfo Kabupaten Bandung @yosep6296 didampingi oleh Sekdis Kominfo @bambangsukmawijaya63 serta Kabid IKP @sandiapriatna menghadiri Peringatan 100 Tahun Komunikasi Radio Indonesia-Belanda yang diselenggarakan oleh ORARI (Organisasi Radio Amatir Indonesia) Daerah Jawa Barat pada Sabtu (6/5).

 

Menurut Yosep, satu abad komunikasi radio ini mempunyai kenangan yang romantis sekaligus dramatis.

 

Romantisme terjadi saat pertama kalinya Ratu Emma di Belanda dengan Ratu Wilhemina di Indonesia berkomunikasi secara langsung lewat saluran nirkabel walau terpisahkan jarak 12.000 km saat itu dan menjadikan Radio Malabar sebagai stasiun radio pertama yang melakukan komunikasi antar dua benua.

 

"Hallo Bandoeng, Hier Den Haag !"

 

Sapaan dari percakapan itu menjadi ikon dan tercatat dalam sejarah komunikasi dunia sehingga menginspirasi seorang penyanyi bernama Willy Derby untuk menciptakan lagu dari kisah komunikasi dua arah tersebut.

 

Saat Perang Dunia II meletus, Stasiun Radio Malabar menjadi rebutan negara penjajah. Ketika Jepang hengkang dan Belanda ingin kembali berkuasa, tahun 1946 Stasiun Radio Malabar dihancurkan oleh Laskar Hizbullah bersamaan dengan peristiwa Bandung Lautan Api. Sejak itu, stasiun radio Malabar pun tinggal menyisakan puing-puing kenangan kejayaan komunikasi di masa lalu.

 

-- Informasi selengkapnya silahkan akses Artikel Asli berikut.





Tuliskan Komentar

STRUKTURAL DISKOMINFO

Struktur Organisasi Diskominfo Kabupaten Bandung

H.YOSEP NUGRAHA, S.H., M.I.P
PERDANA FIRMANSYAH S.STP,M.Si
SANTI ROSMAYANTI,S.STP.
ERNA MARLENA S.T., M.Si.

ASEP ROCHMANSYAH, S.Si.,M.AP
LUSIANTO, S.Kom.,M.Si

STATISTIK KUNJUNGAN

User Online
Visitor Hari ini
Hits Bulan ini
Total Kunjungan

RADIO KANDAGA