Sabtu, 29 Jun 2019, 17:17:26 WIB, 112 View Administrator, Kategori : Informasi Diskominfo

Sebentar lagi, kita akan menikmati beroperasionalnya Pasar Ikan Modern (PIM) Kabupaten Bandung, di Desa Cingcin, Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung.PIM yang dikelola oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Pemerintah Kabupaten Bandung, adalah hibah dari Pemerintah Pusat melalui Kementrian KKP RI. PIM di Kabupaten Bandung merupakan yang ke 2 di Indonesia, setelah dibangunnya PIM Muara Baru Jakarta Utara.PIM selain menjadi Centra Pasar Ikan terbesar di Bandung Raya,diharapkan memberikan kontribusi yang nyata dalam rangka ketersediaan ikan darat dan laut, untuk mencukupi kebutuhan masyarakat.

Hal tersebut terungkap dalam dialog "Ngawangkong Bari Ngopi" bersama media, dengan Narasumber Asisten Ekjah, H. Marlan, SIP dan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Pemkab Bandung, Ir. H. Dadang Hermawan. Saat ini konsumsi ikan secara Nasional masih rendah, sebesar 47 kg/tahun, dan Kabupaten Bandung masih berada di angka 17 kg/tahun. Penyebabnya antara lain harga ikan yang cukup mahal, dan masyarakat belum teredukasi dalam konsumsi makan ikan. Sehingga PIM menjadi Proyek yang besar bagi Pusat dan Kabupaten Bandung dalam mengatasi Kasus Stunting.

Kelebihan PIM di Kabupaten Bandung adalah pada penyimpanan ikan, kemudian adanya IPAL dengan Sistem Mikroba, selain Drainase yang dibangun oleh DPUTR Kabupaten Bandung. Dalam hal ketersediaan ikan, cukup aman, ikan tawar dari sekitar Kabupaten Bandung dan wilayah Jawa Barat, ikan laut dari wilayah selatan dan timur, seperti Garut, Cianjur, Sukabumi, Indramayu, Cirebon, dan Kendari. Harga ikan yang di jual tentunya akan lebih murah, karena lqngsung dari nelayan. Prioritas pedagang berasal dari Kabupaten Bandung dan sudah eksisten dalam berdagang ikan. Saat ini sudah terdaftar 244 pedagang, dengan rincian 148 lapak basah, 24 lapak kuliner dan lain-lain.



Sabtu, 24 Agu 2019 TURNAMEN E-SPORT PIALA BUPATI


Tuliskan Komentar

STRUKTURAL DISKOMINFO

Struktur Organisasi Diskominfo Kabupaten Bandung

Ir. Hj. ATIH WITARTIH, M.Si
CECEP HENDRAWAN, S.Ip
Ir. ANITA EMMAYANTI, MT
Hj. IRMA NOVITA, SH.,Sp.I

ASEP ROCHMANSYAH, S.Si.,M.AP
LUSIANTO, S.Kom.,M.Si

RADIO KANDAGA